Manfaat serta Hukum Qurban Idul Adha


Hari raya Idul Adha sebentar lagi, sudah kah Anda bersiap menyambutnya? Ada banyak hal yang dapat Anda siapkan dalam rangka menyambut hari raya Islam yang erat kaitannya dengan menyembelih hewan qurban ini. Oleh karenanya, salah satu persiapan utama yang perlu dilakukan adalah mencari hewan qurban. Sudah tahukah Anda apa hukum qurban Idul Adha? Sebelum melakukan suatu ibadah, mengetahui hukum dan syaratnya tentu sangat dianjurkan. Hal ini agar kita dapat menjalankan ibadah tersebut dengan benar sehingga ibadah kita diridhoi Allah SWT. Bagi Anda yang memiliki rezeki berlebih memang dianjurkan untuk melakukan ibadah qurban dengan menyembelih hewan qurban yang berupa hewan ternak. Hewan ternak yang biasa dikurbankan di Indonesia adalah sapi, kambing, dan domba. Menjelang hari raya Idul Adha, banyak orang yang menawarkan hewan ternak tersebut untuk dijadikan sebagai hewan qurban.

Manfaat Dan Hukum Qurban

Hukum qurban saat Idul Adha

Hukum qurban Idul Adha adalah sunnah. Hal ini membuat orang yang melaksanakan ibadah ini mendapat pahala dan orang yang tidak menjalankannya tidak mendapat apa-apa. Karena tidak diwajibkan, maka, bagi umat Islam yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan ibadah tersebut tidak akan berdosa. Bagi Anda yang memiliki rezeki berlebih dan merasa mampu melakukan ibadah ini, maka Anda dianjurkan melakukannya. Anda tidak akan merugi jika menyisihkan sebagian harta untuk kepentingan ibadah. Ada banyak manfaat yang didapatkan dengan melakukan kegiatan berkurban. Tidak hanya pahala saja, kita bisa juga mendapatkan manfaat yang sifatnya keduniaan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kesejahteraan umat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hukum qurban Idul Adha adalah sunnah. Namun, Anda sebaiknya mengerjakannya jika mampu karena manfaatnya yang besar. Manfaat yang pertama adalah dapat meningkatkan kesejahteraan umat. Dengan melakukan kegiatan qurban, mereka yang tidak mampu dapat dengan mudah menikmati daging dari hasil qurban kita. Hal ini dapat menjadi salah satu kita untuk membantu mereka yang membutuhkan dan meningkatkan kesejahteraannya.

  1. Melatih diri untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Melaksanakan qurban juga dapat menjadi ajang untuk melatih dan membiasakan diri untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar kita. Dengan berbagi kepada sesama dan melihat kebahagiaan orang di sekitar kita tentunya dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk membuat kita lebih peduli lagi kepada mereka yang membutuhkan.

Hukum qurban Idul Adha merupakan hukum sunnah. Namun, Anda tidak akan merugi jika menjalankannya. Allah SWT menyukai para hamba Nya yang taat beribadah serta senang membelanjakan harta kekayaannya di jalan Allah untuk keperluan ibadah. Qurban menjadi salah satu ibadah yang dapat menjadi ladang pahala bagi Anda. Jadi, tunggu apalagi, ayo berkurban jika Anda mampu.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *