Tips Jitu Memilih Mesin Jahit Portable Untuk Pemula


Mesin jahit portable bagi penjahit pemula memang terbukti cocok digunakan untuk mendukung hobi atau usaha yang baru mereka jalankan. Bentuknya yang sederhana dengan cara pemakaian yang mudah, menyebabkan jenis mesin jahit ini semakin diminati. Namun, bagi orang yang benar-benar awam tentu akan mengalami kesulitan saat akan membeli jenis mesin jahit ini. Apalagi bagi mereka yang belum terlalu mengetahui seluk beluk mesin jahit tersebut. Bagi Anda seorang penjahit pemula, tips berikut akan membantu Anda memilih mesin jahit yang mudah dibawa-bawa ini dengan tepat:

Mesin Jahit Portable

1. Beli mesin jahit portable yang sederhana

Mesin jahit portable yang memiliki banyak fitur ternyata tidak selamanya bagus. Fitur yang terlalu banyak justru akan mempengaruhi kualitas mesin jahit itu sendiri. Misalnya saja penentuan letak sekoci. Umumnya, sekoci yang terletak di bagian samping memiliki durabilitas atau daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan letak sekoci yang menghadap ke atas. Memang terlihat sepele, namun jika mesin jahit sudah mengalami satu kali kerusakkan maka akan sulit untuk dicari sparepartnya. Hal ini juga yang terkadang terlewatkan oleh para penjahit pemula.

2. Perhatikan garansi yang diberikan

Membeli produk elektronik apapun jangan pernah menyepelekan garansi, termasuk saat Anda membeli Mesin jahit portable .Pilihlah mesin jahit yang memberikan garansi dengan rentang waktu yang cukup lama, seperti 1 sampai dengan 2 tahun. Selain itu, pilih juga yang menawarkan proses pengajuan garansi yang mudah dan tidak merepotkan. Hal ini tentunya sangat berguna sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu mesin jahit Anda mengalami kerusakkan dan menghindarkan Anda dari biaya servis.

3. Pilih mesin jahit portable berkualitas

Mesin jahit portable dengan merk terkenal seringkali dianggap sebagian orang merupakan mesin jahit yang memiliki kualitas bagus. Hal tersebut memang tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar. Faktor utama yang harus dijadikan patokan saat membeli sebuah mesin jahit adalah kualitasnya dan bukan merk. Banyak merk yang kurang dikenal justru memiliki kualitas serta performa mesin yang cukup baik. Bukan hanya itu, harga yang dipatok pun terbilang cukup terjangkau dengan sparepart yang mudah untuk didapatkan. Dengan kata lain, belilah mesin jahit dengan mengutamakan kualitas, fungsi, dan performa mesin yang bagus.

4. Pilih ukuran mesin jahit portable yang dibutuhkan

Memilih ukuran Mesin jahit portable sebenarnya tidak memiliki patokan baku. Memilih ukuran besar atau kecilnya mesin jahit lebih ke selera dari pengguna itu sendiri serta space ruangan yang tersedia. Tapi hal yang tidak dapat dianggap sepele adalah hubungan antara ukuran dan harga jual. Biasanya semakin besar ukuran sebuah mesin jahit akan dijual dengan harga yang cukup tinggi, begitu juga dengan semakin kecil ukuran suatu mesin jahit maka harganya akan semakin rendah. Jadi, belilah mesin jahit dengan ukuran yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *