Jadikan Rak Buku Dinding di Bukalapak Lebih Awet dengan 5 Perawatan Berikut!


Memiliki setumpuk buku tentu bukan ide yang bagus jika disimpan dengan cara dimasukkan ke dalam kardus atau asal ditumpuk ke laci lemari. Cobalah untuk membeli rak buku dinding di Bukalapak atau mungkin model lainnya yang secara khusus menyediakan ruang untuk koleksi buku dan majalah Anda. Rak buku ini tentu menjadi kebutuhan penting supaya buku yang dimiliki berjejer rapi dan nantinya semakin mudah untuk dirawat, sehingga jangan ragu membeli perabot jenis ini.

Rak Buku DInding BUKALAPAK

Pembeliannya pun semakin mudah manakala sudah banyak situs belanja online menawarkan rak buku bergaya modern. Sebagian besar memiliki desain minimalis sehingga dijual dalam bentuk rangkaian terpisah dan setelah dikirimkan ke rumah, tinggal dirangkai membentuk rak buku sesuai panduan yang disediakan. Pastikan memilih model dengan benar supaya merasa nyaman setelah rak buku tersebut berada di ruang yang Anda inginkan, sehingga nampak apik dan harmonis dengan perabot lainnya.

Tips Merawat Rak Buku Agar Awet

Setelah memilih dengan seksama rak buku tersebut, jangan sampai terlupa untuk merawatnya agar tidak mudah rusak. Supaya koleksi buku Anda ikut awet, dan berikut tips merawat rak buku tersebut:

  1. Tempatkan di ruang yang kering,

Rak buku akan mudah sekali berjamur dan rusak serta merusak pula buku di dalamnya jika berada di ruangan yang terlalu lembab. Berhubung model dinding ini menempel pada dinding hindari dinding kamar mandi yang lembab, pilih yang kering agar tidak mudah rusak.

  1. Rajin dibersihkan,

Sama seperti buku rak buku dinding yang Anda beli melalui transaksi jual beli online maupun offline juga perlu dijaga kebersihannya. Sebab debu yang menumpuk membuat material rak menjadi mudah kusam dan pada akhirnya mengundang ngengat untuk berdatangan. Kalaupun rak bukunya masih lumayan kokoh dijamin koleksi buku Anda yang sudah menjadi bubur. Maka penting untuk membersihkan rak buku beserta muatannya yakni seminggu sekali.

  1. Beri lapisan jika terbuat dari material kayu,

Khusus bagi Anda yang memilih rak buku dari material kayu alangkah baiknya memberi lapisan dulu berupa kertas maupun plastik. Sebelum memasukan atau menata buku di dalamnya, sebab ketika buku menempel pada material kayu rak maka dijamin akan mengundang jamur dan kelembaban. Buku akan mudah rusak dan menempel pada kayu rak buku tersebut yang membuatnya sulit untuk dibersihkan, penampilannya pun menjadi jauh dari kata cantik.

  1. Jangan sampai kelebihan muatan,

Berikan ruang atau celah antara buku satu dengan buku lainnya yang Anda tata di dalam rak buku, supaya sirkulasi udara berjalan baik. Rak buku juga memerlukan sirkulasi udara untuk menghindari kemungkinan berjamur atau lapuk dimakan ngengat. Apabila memilih rak buku dengan pintu maka perlu rajin dibuka agar aliran udara selalu berganti menjadi lebih segar setiap harinya. Sementara untuk rak buku di dinding pastikan longgar bukan asal menjejalkan semua buku ke dalamnya.

  1. Cegah munculnya ngengat dan bau tak sedap,

Aroma tak sedap bisa muncul dengan mudah diantara deretan buku yang Anda tata berdiri di rak buku model dinding. Mencegahnya tentu sangat penting untuk dilakukan supaya terhindar dari serangan ngengat yang merusak buku serta rak buku itu sendiri. Caranya banyak, misalnya dengan menaruh kapur barus di rak buku tersebut sehingga ngengat enggan untuk mendekat. Apabila kurang cocok dengan bau kamper ini maka bisa menaruh silica gel di rak buku dinding tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *