Tips Memilih dan Merawat Tas Carrier dengan Benar dan Tepat


Saat ini banyak produsen tas membuat beberapa model dan desain tas sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya tas gunung atau biasa disebut carrier bag yang digunakan saat travelling. Tas ini digunakan untuk memuat berbagai barang yang akan digunakan selama melakukan perjalanan. Berbeda dengan tas lainnya, tas ini memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki bahan yang jauh lebih kuat. Tas carrier ini selalu menjadi teman perjalanan sehingga beberapa bagian dari tas ini dilengkapi dengan bagian fungsi untuk mengaitkan beberapa barang. Tas yang baik tentunya memenuhi kebutuhan penggunanya dan juga memiliki bahan yang tahan terhadap air dan kuat untuk menampung berbagai barang bawaan didalamnya.

Carrier Back Navy CLub Hiking Backpack

Carrier bag sudah dijual pada situs jual beli online dan tentunya dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya. berikut adalah tips memilih carrier bag diantaranya:

  • Pilih tas dari brand yang terkenal dan terjamin kualitas bagus, terutama jika brand tersebut dipercaya oleh para pendaki dunia dan tentunya diperlukan budget lebih. Hindari untuk membeli pada brand yang belum teruji kualitasnya.
  • Perhatikan kapasitas, hal ini tergantung pada jenis kegiatan yang akan dilakukan, lamanya perjalanan, banyaknya orang akan berpengaruh terhadap jumlah barang. 1-3 malam menggunakan kapasitas 35-50 liter, 3-5 malam menggunakan kapasitas 50-80 liter, dan lebih dari 5 malam dengan kapasitas 80+.
  • Perhitungkan berat dari carrier bag, hal ini tergantung pada jenis dan tipe carrier yang dipilih dan sesuaikan style dan tipe pendakian yang akan dilakukan.

Beberapa tips diatas perlu diperhatikan supaya carrier bag yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Saat memilih carrier bag sebaiknya mencobanya langsung untuk mempertimbangkan kenyamanan punggung saat mengangkat beban. Perhatikan juga beberapa fitur yang ditawarkan oleh tas, dan juga perhatikan beberapa bagian atau kantong tambahan. Beberapa carrier bag sudah dilengkapi dengan tambahan kapasitas dan biasanya memiliki tutupan untuk melindungi tas saat hujan dan terdapat tas yang sudah menggunakan bahan polyester tahan air.

Berikut adalah tips merawat tas carrier dengan benar diantaranya:

  • Segera bongkar isi tas sepulang pendakian, jika masih ada yang tertinggal segera dibersihkan dan balikkan tas kearah bawah untuk mengecek satu per satu kantong dan pastikan tidak ada yang tersisa.
  • Jangan sikat sembarangan, dengan kain bekas atau sikat gigi yang dibasahkan dengan air untuk mengurangi fiksi dan hindari untuk menggunakan sikat gigi jika noda dapat dibersihkan dengan kain.
  • Sediakan air pada ember dan gunakan sabun atau detergen dan gosokkan pada badan tas dengan kain dan gunakan sikat gigi pada noda yang susah lepas dan lakukan dengan lembut dan ulangi hingga bersih.

Selain beberapa diatas, keringkan tas dengan cara menganginkan dan beri kapur barus supaya tidak adanya jamur. Hindari untuk menjemur dibawah matahari langsung karena dapat membuat warna tas menjadi mudah pudar. Setelah dicuci, dikeringkan dan diberi kapur barus maka bungkus dengan plastikan untuk menutup seluruh permukaan sehingga debu dan jamu tidak ada yang masuk. Carrier bag sudah dapat diakses dengan situs belanja online baik itu merek ternama maupun merek yang biasa.

Tas carrier sebaiknya tidak tertindih barang berat karena akan mengubah bentuk punggung tas. Carrier bag yang dapat dijadikan pilihan seperti Navy Club Hiking Backpack dengan 70+10 L, Eiger Rhinoe 60 L, Consina Extraterrestrial 60 L dan masih banyak lagi. Harganya cukup bervariasi namun biasanya berkisar 600 ribu hingga 2 jutaan untuk tas dengan fitur.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *