Hubungan Persaudaraan Akan Merenggang Jika Melibatkan Beberapa Hal Ini


Hubungan persaudaraan merupakan hubungan yang lekat dengan kedekatan antar silsilah keluarga. Seperti halnya hubungan antara kakak dengan adik, atau sepupu dengan sepupu, bahkan antar keponakan. Semua memiliki hubungan persaudaraan. Nah, hubungan persaudaraan ini akan dengan mudah hancur jika Anda melibatkan beberapa hal ini. Untuk itu, sebaiknya cobalah menghindari hal ini agar tali persaudaraan tetap terjalin.

Hubungan Saudara

  1. Sikap Cuek

Terkadang sikap seperti ini tidak Anda sadari akan dapat merusak hubungan antar saudara. Sikap yang sebenarnya hanya biasa saja menjadi tidak biasa jika dilakukan di tengah-tengah keluarga. Untuk itu, cobalah tidak bersikap cuek saat sedang berkumpul dengan keluarga. Terutama keluarga besar, yang memang memiliki kriteria masing-masing.

  1. Keuangan

Nah, hal yang ini merupakan yang paling berbahaya dalam hubungan persaudaraan. Hanya karena keuangan dan materi, Anda dapat menghancurkan tali persaudaraan yang sudah terjalin sejak lama. Biasanya trik yang digunakan adalah meminjam uang untuk keperluan pribadi atau keluarga. Nah, hal yang seperti ini sebaiknya harus Anda hindari agar tidak terjadi perselisihan antara keluarga. Sebab, hal ini sangatlah sensitif sekali.

  1. Membicarakan Secara Berlebihan

Ada kalanya orang membicarakan kekurangan saudara lain hanya untuk menunjukan rasa empati maupun simpati mereka. Namun, apakah Anda telah memikirkan perasaan mereka yang menjadi bahan pembicaraan tersebut? Bisa saja mereka tidak ingin hal itu diketahui oleh keluarga lainnya. Cukuplah hanya dia dan keluarga intinya dia yang tahu, bukan keluarga yang lainnya. Nah, sebaiknya Anda menghindari hal ini saat berkumpul dengan keluarga besar. Anggap saja Anda tidak pernah mendengar walau sebaliknya Anda yang dijadikan tempat bercerita mereka.

  1. Menghubungi Saudara yang Lain Saat Sedang Butuh

Nah, siapa sih yang suka dengan sikap seperti ini? Di saat sedang butuh dia hadir dan ketika tidak membutuhkan dia menghilang. Hal seperti ini sering sekali terjadi, bahkan di tengah-tengah keluarga banyak sekali yang bersikap seperti ini. Ketika ingin meminta bantuan dengan baik sekali ia memohon, tetapi jika sudah dikabulkan seperti saudara yang tidak saling mengenal.

Itulah beberapa hal yang dapat merenggangkan tali persaudaraan. Bahkan tanpa disadari banyak sekali yang melakukan hal tersebut. Padahal akan berdampak buruk bagi tali persaudaraan. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari semua hal yang akan merusak tali persaudaraan. Jangan sampai semuanya berakhir hanya karena sikap Anda yang salah.

Jika perselisihan masih tidak bisa diredakan, cobalah undang pihak ketiga yang lebih dewasa secara rohani dan lebih netral. Misalnya tim konseling dari gereja GKDI. Anda akan dibimbing bagaimana sikap dan pola pikir yang benar dalam menjalin persaudaraan. Sehingga untuk kedepannya diharapkan tidak terjadi konflik lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *