Pelita Guru Mandiri, Program Sukanto Tanoto untuk Melahirkan Guru – Guru Kreatif


Siapa sih yang sebenarnya Sukanto Tanoto tersebut? Sukanto Tanoto merupakan pengusaha sukses dengan bisnis kayu lapis asli buatan dalam negeri. Sukanto Tanoto ini mulai merambah ke bisnis pulp, kertas, royon dan mulai memasok bibit unggul pohon penghasil pulp ke Indonesia. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pulp dan kertas tersebut memang berkembang cukup pesat. Dan kali ini Sukanto Tanoto berkeinginan untuk bisa melahirkan guru – guru yang kreatif dan cerdas, misalnya saja melalui program pelatihan Pelita Guru Mandiri satu ini. Namun untuk informasi lebih lengkapnya, mari simak beberapa ulasannya berikut.

Sukanto Tanoto

Pelita Guru Mandiri, Program Sukanto Tanoto untuk Melahirkan Guru – Guru Kreatif

Perlu untuk Anda ketahui terlebih dulu bahwa program pelatihan Pelita Guru Mandiri ini merupakan sebuah program yang dicanangkan khusus untuk meningkatkan kompetensi dan juga kualifikasi guru. Lewat program pelatihan Pelita Guru Mandiri tersebut, diharap agar nanti guru yang dilatih bisa menerapkan proses belajar mengajar yang berkualitas tinggi, efektif, dan juga menyenangkan bagi murid – muridnya, baik itu di dalam atau pun di luar kelas. Guru akan dilatih berbagai topik, seperti halnya pengembangan dan juga penerapan pembelajaran kontekstual, pengelolaan kelas dengan baik, serta pembelajaran kolaboratif antar guru dengan siswa atau murid.

Untuk bisa memastikan bahwasannya guru dapat menjaga kualitasnya dalam mengajar, Tanoto Foundation dalam naungan Sukanto Tanoto ini akan lakukan kunjungan secara berkala ke sekolah – sekolah untuk pengamatan secara langsung, dan memberikan pelatihan penyegaran. Pelatihan guru yang dilakukan oleh Sukanto Tanoto ini dilakukan dengan melibatkan guru lokal yang udah berhasil selesaikan pelatihan dengan baik, sebagai fasilitator program dan pada akhirnya jadi peer educator atau pelatih sesama guru.

Tanoto Foundation sudah melatih setidaknya sekitar 230 guru sebagai peer educator. Dimana guru – guru ini ambil peran aktif dalam kelompok kerja guru atau KKG, dan juga kelompok kerja kelapa sekolah atau KKKS, sehingga guru – guru yang tidak berpartisipasi secara langsung dalam pelatihan yang diberikan oleh Tanoto Foundation juga bisa menerima manfaat pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan. Hampir tiap tahunnya, Tanoto Foundation memberikan pelatihan penyegaran bagi para peer educator sebagai salah satu bagian dari pendidikan lanjutan profesional mereka.

Selain itu, juga perlu untuk Anda tahu bahwa guru yang turut berpartisipasi dalam pelatihan Pelita Guru Mandiri ini didorong untuk bisa membentuk kelompok berdasarkan lokasi terdekat, atau pun cluster. Hal tersebut memungkinkan para guru untuk bisa berbagi pengalaman, dan juga bertukar ide tentang bagaimana cara menerapkan peningkatan kualitas di sekolah masing – masing. Menariknya, dengan adanya program pelatihan Pelita Guru Mandiri tersebut, para murid – murid jadi lebih aktif lagi di kelasnya. Mereka jadi lebih sering bertanya kepada guru dan mendorong diskusi kelompok. Murid – murid kini tak hanya diam dan duduk saja di bangku masing – masing, akan tetapi mereka jauh lebih aktif bergerak untuk ikuti proses pembelajaran di kelas.

Tentu saja guru – guru di sekolah akan sangat menikmati pekerjaannya dengan hati gembira. Sekolah juga memiliki banyak kegiatan walaupun dengan keterbatasan fasilitas yang dimiliki, misalnya saja. Namun, dengan adanya dukungan Tanoto Foundation, teknik mengajar para guru sekarang bisa diadu dengan guru yang ada di sekolah lain. Kini kegiatan mengajar jadi lebih menarik dan menyenangkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *